Selasa, 26 Oktober 2010

SCOUT MOVEMENT

KIPRAH PRAMUKA
BERSEMI LAGI

Dari suara bell yang berdentang tiga kali ( 3x ) sampai suara peluit yang melenting bersahut-sahutan Pondok Pesantren Modern Babussalam setiap kamis siang senantiasa menggerakkan langkah seluruh santri mulai dari pasukan penggalang sampai pandega menuju lapangan kampus dan mengikuti proses jalannya latihan pramuka sebagai kegiatan extrakulikuler dan salah satu sarana untuk membina generasi muda yang memiliki kepribadiaan, watak mental yang tangguh, trampil, cekatan, dan berdisiplin. Koordinator gugus depan Madiun III/109 menyimpan segudang optimisme terus, memotifisir para Pembina dan anggotanya melalui kerja nyata “MAmpukah mereka menjalankan sepremasi yang telah mereka sandang dan menutupi segala kekurangan mereka sebelunnya”.

# Latihan Rutin Mingguan
Gerakan pramuka di Pondok Pesantren Modern Babussalam di tangani oleh organisasi Kepramukaan yang bernama KOORDINATOR Gerakan Pramuka Gugus Depan Pondok Modern yang telah di akui Kwarcab Madiun dengan nama Madiun III/109.
Dengan minimnya santri lama pondok modern babussalam, maka Koordinator gerakan pramuka ini ditangani langsung oleh dewan guru yang di khususkan.
Dalam gugus depan pondok modern babussalam III/109 di bentuk dua satuan yaitu : C 1 dan C 2 . masing-masing satuan diketuai oleh seorang Pembina GUDEP yang dibantu oleh beberapa Pembantu Pembina dan dibimbing oleh majlis pembimbing gudep atau Mabigus.
Latihan kepramukaaan di pondok modern babussalam diadakan seminggu sekali,tepatnya pada hari kamis mulai jam 13.30 – 16.15 WIB. Dimulai dengan upacara pembukaan dan diakhiri dengan upacara yang telah ditentukan disekitar Pondok.
Pembina tiap-tiap satuan terdiri dari siswa kelas V dan VI yang mayoritas telah mengikuti Kursus Mahir Tingkat Dasar ( KMD ) atau CADIKA.

# Sistem Beregu
Sistem beregu merupakan salah satu unsur prinsip Dasar methodic Kepramukaan sesuai dengan AD/ART Gerakan Pramuka yang pada akekatnya adalah menetapkan anak-anak atau pemuda-pemuda di kelompok-kelompok kecil dan dalam rangka usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka mendidik hidup bermasyarakat, rukun, akrab, dan belajar bersetia kawan saling Asah, Asih, dan Asuh.
Maka untuk memudahkan tugas Pembina Gugus Depan masing-masing dan agar latihan Pamuka di Pondok Modern Babussalam berjalan lancar maka diterapkanlah system beregu atau sangga yang di pimpin oleh seorang Pinru dan Pinsa, mempuyai bendera, bedge regu, atau sangga, saling berkreasi berlomba dalam kerapian upacara, latihan dan berbagai kegiatan lainnya. Dan sebagai regu dan sangga yang terpilih sebagai teladan mendapatkan Piala Bergilir.

# Cadika
Mengingat betapa pentingnya Peningkatan Kwalitas Pembina Pramuka di Pondok Modern Babussalam, maka setiap tahun Pondok Modern Babussalam mengirim sebagian Pembantu Pembinanya untuk mengikuti Pelatihan Calon Pendidik Adika atau Kursus Mahir Tngkat dasar ( KMD ) di Pondok Ar-Risalah Slahung Ponorogo. Pembantu Pembina yang dikirim tahun ini berjumlah lima orang. Mereka adalah :


1. Muhammad Nurzen Lampung
2. Nunun Prasetyawan Madiun
3. Adam Syarifulah Madiun
4. Findri Eko Alfianto Madiun
5. Ahlano Cahyono Utomono Magetan

Pelaksanaan kegiatan Adika tahun ini full di Bumi Perkemahan selama 7 hari. Memang pada tahun 2009 Cadika dilaksanakan sebaik mungkin guna peningkatan Kwalitas Pimbina yang akan terjun ke kancah Perjuangan melalui Kepramukaan. Bermodal Motto “Bermula Dari Kepramukaan Babussalam, Kita Islamkan Pramuka Nasional dan Internasional”.

# Kantor Koordinator
Kantor Koordinator sengaja diperluas guna memudahkan birokrasi kepramukaan sehingga terbentuklah etos kerja yang Memuaskan dan Prestasi yang Gemilang.

# Perpustakaan El-Kasyafie
Perpustakaan El-Kasyafie ini didirikan atas dasar perwujudan cita-cita luhur untuk mengembangkan Cakrawala Keilmiyahan dan me3nsiarkan “Reading Habbit” di kalangan adika pramuka yang haus akan ilmu-ilmu Kerpramukaan sebagai modal untuk terjun kemasyarakat menjadi “Mundzirotul Qoum” walau dengan modal kerja Koordinator dengan ribuan harapan kehadirannya dapat menghibur dan mewarnai daya berfikir Santri.

Kamis, 21 Oktober 2010

informasi bagi santri baru

Tentang pondok

Profil
Pondok Pesantren Modern Babussalam adalah lembaga pendidikan Islam berbasis pesantren . didirikan oleh alumni pondok modern Darussalam Gontor Alm. KH hadi martoyo BA pada tahun 1986 , sebagai pondok alumni , Pondok Modern Babussalam mengadopsi sistem dan kurikulum induknya (gontor) untuk mencetak generasi bangsa yang beriman dan berakhlaqul karimah serta salah satu usaha beliau untuk membentengi generasi islam dari arus kebudayan luar yang sangat memprihatinkan. Setelah beliau wafat kepemimpinan pun di teruskan oleh tiga pimpinan yaitu

 Bapak pimpinan 1 . Ust . Ahmad fauzani efendi Sag . Mpd
 Bapak pimpinan 2 . Ust . Ahmadi MS
 Bapak pimpinan 3 . Ust . Burhanuddin Spd

Yang di sahkan oleh badan wakaf PM Babussalam demi meneruskan cita-cita beliau yang belum terlaksana.

Visi
Persemaian generasi umat yang berbudi tinggi , berbadan sehat, berpengetahuan luas , berfikir bebas

Misi
Mencetak kader bangsa yang bermoral dan berdiri di atas jiwa keikhlasan , keseder hanaan , berdikari , ukhuwah islamiyah dan kebebasan

Kurikulum
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang telah di terapkan di PM GONTOR
Baik dalam hal materi , system pengajaran isiplin dan pembinaan santri , di gabungkan dengan materi Departemen Agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan .

Ekstra kulikuler :
Sebagai pondok yang mencetak santri untuk menjadi manusia yang berguna maka mereka di bekali dengan kegiatan yang positif seperti :
 Organisasi
 Latihan pidato 3 bahasa
 Pendalaman IT terapan
 Cabang olah raga :
• Marching band
• Seni bela diri
• Basket
• Sepak bola
• Bulu tangkis ddl.

Pendaftaran Santri-Santriwan Baru
Adapun persayaratan :
 Foto copy STTB SD/MI/SLTP/MA 2 lembar
 Foto copy ijazah terakhir 2 lembar
 Pas photo hitam putih 3x4 2 lembar
 Mengisi formulir yang telah di sediakan


Waktu dan tempat di kampus PM Babussalam Madiun
Informasi pendaftaran :
Putra : (0351) 367768
Putri : (0351) 367769
E-mail : PSB_BBS.yahoo.com

………sabesar keinsyafanmu eesar itu pula keberuntungan mu…………..

Senin, 18 Oktober 2010

Babussalam my beloved campus


Di ujung selatan kabupaten madiun berdiri sebuah pondok modern alumni gontor yaitu pondok modern Babussalam yang didirikan oleh almarhum kh. Hdi martoyo BA, beliau adalah alumni pm Darussalam gontor ponorogo tahun 1986 . setelah beliau lulus dari gontor beliau mempunyai niat untuk mendirikan pondok yang berkiblat penuh pada gontor maka tepat pada tanggal 29 juni 1986 atau 21 syawal 1406 h beliau mulai melangkahkan kaki untuk merintis pondok pesantren dengan diiringi ucapan Basmalah. Ketika itu beliau mengumpulkan masyrakat sekitar di sebuah mushola kecil yang merupakan cikal bakal sentral pondok pesantrennya dengan menyembelih kambing untuk mengadakan kenduri . ketika itulah beliau menyampaikan cita-citanya kepada masyarakat sekitar, sekaligus mohon do’a restu untuk merintis sebuah pondok pesantren.
Itulah sekilas sejarah dari pondok modern Babussalam sekarang Babussalam sudah menginjak umur yang ke-24 tahun atau sudah 3 windu umur pondok modern Babussalam sungguh perjalanan yang panjang. Pada tahun ini pm.Babussalam sedang menghadapi cobaan dengan jumlah kuantitas yang sedikit berbeda dengan babussalam dulu yang notabene satu kamar diisi 40 orang sedangkan jumlah asrama pada saat itu ada 9 kamar asrama santri . namun itu semua tak jadi masalah, yang penting dalam jiwa santri telah tertanam cahaya qurani yang man cahaya itu akan menadi pelita dalam kegelapan . eh ya udahan dulu ya mblogernya kapan2 diterusin lagi insha AllAh masih banyak materi yang akan saya sampaikan………
Loading...

Yahoo News: Top Stories